VIVAnews — Menteri Kehutanan Republik Indonesia, Zulkifli Hasan menyatakan, kondisi hutan yang tersebar di berbagai daerah Indonesia saat ini memprihatinkan. Sebagian hutan sudah gundul dan tidak ditumbuhi pohon lagi.

“Hutan di negara kita saat ini kondisinya sangat memprihatinkan,” kata Menhut saat memberikan sambutan penanaman pohon di monumen gunung hambalang, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu 24 Januari 2010.

Bahkan, menurut Zulkifli, sedikitnya 47 juta kondisi hutannya sudah rusak, dan 42 juta keadaannya sudah tidak berpohon lagi, akibat penggundulan. “Sehingga tidak heran, di negara Indonesia banyak  bencana alam dan longsor,” ujarnya.

Karena itu, guna menanggulangi adanya bencana alam dan longsor, pihaknya menghimbau masyarakat Indonesia terutama Bogor untuk menanam pohon sebanyak mungkin.

“Pada tahun 2010 ini, 500 hektar hutan yang tidak berhutan lagi kami rencanakan akan ditanami dengan berbagai macam pohon dan tanaman,” jelasnya.

Namun, kata dia, dalam merealisasikan agar masyarakat Indonesia menanam pohon banyak kendala di lapangan. Salah satunya, adanya makelar kasus (markus) atau calo-calo yang dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab. Akibatnya, pohon yang baru ditanam tidak berbuah dan tidak tumbuh.